Search

WIKI BANGKA: Yuk, Intip Proses Panen Ikan Koi, Dipilah dari Empang Hingga Memiliki Harga Selangit - Bangka Pos

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Halo pencinta ikan hias Bangka Belitung (Babel). Pasti tahu dong dengan ikan Koi, ikan yang memiliki berbagai warna cantik dan corak yang unik ini memiliki banyak penggemar.

Ikan Koi dianggap bisa memberikan ketenangan atau menjadi obat stres bagi para penggemarnya. Bagi beberapa kepercayaan, ikan ini dipercaya sebagai ikan pembawa hoki.

Kali ini Bangkapos.com berkesempatan untuk melihat secara langsung proses panen ikan Koi di lokasi budidaya milik Asrul Roni. Lokasi budidaya ini berada di Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Di empang berukuran 20x20, Asrul bersama empat orang karyawannya mempersiapkan dan memanen ratusan ikan Koi kelas wahid, hasil budidayanya sendiri.

Asrul mengatakan sebelum dipanen, ikan tersebut akan dipuasakan terlebih dahulu selama tiga hari. Tujuannya untuk mengurangi kandungan amoniak di dalam kolam.

Amoniak berasal dari kotoran ikan itu sendiri. Pemuasaan ikan ini bertujuan agar ikan tidak mudah stres saat proses pemanenan.

"Karena air empang kan keruh, dan kalau banyak amoniaknya nanti pada saat dipanen amoniaknya bakal ke atas semua, kalau amoniaknya tinggi nanti ikannya bakal mabuk atau stres," ujar Asrul, baru-baru ini di tempat budidaya miliknya.

Saat dipastikan semua ikan dalam keadaan fit dan kadar amoniaknya rendah, barul ah Asrul dan karyawannya memanen ikan tersebut.

Biasanya Asrul tidak memanen semua ikannya sampai habis. Dia biasanya hanya memanen sekitar 10-15 persen saja sesuai dengan kebutuhan penjualan ikan tersebut atau ketika ada request tertentu dari para pelanggannya.

Oleh karena itulah, pada saat dipanen ikan akan dikumpulkan di suatu titik empang untuk disortir. Pada saat sortir, Asrul akan memisahkan ikannya dalam tiga kategori, yakni kualitas baik, biasa, dan jelek.

Let's block ads! (Why?)



"ikan" - Google Berita
January 13, 2020 at 10:46AM
https://ift.tt/36SpA17

WIKI BANGKA: Yuk, Intip Proses Panen Ikan Koi, Dipilah dari Empang Hingga Memiliki Harga Selangit - Bangka Pos
"ikan" - Google Berita
https://ift.tt/2Lm4jo8
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WIKI BANGKA: Yuk, Intip Proses Panen Ikan Koi, Dipilah dari Empang Hingga Memiliki Harga Selangit - Bangka Pos"

Post a Comment

Powered by Blogger.